Latest courses

3-tag:Courses-65px

Minggu, 05 November 2023

Pengalaman Retret

 Pengalaman Retret SMPK Santa Maria II Malang


    Halo, jadi hari ini aku akan cerita tentang pengalaman retretku pada tanggal 16 - 18 Oktober 2023 di Lawang (rumah pembinaan). Retret ini ada 2 gelombang. Aku ikut yang gelombang pertama. Perjalanan dimulai dari sekolah (kira-kira setengah jam) ke tempat retret. Pas sampai ke tempat retret, kita langsung ditujukan ke aula untuk beberapa pengumuman (termasuk pembagian kamar). Hasil akhirnya, aku sekamar sama Edo dan Axel.

    Pada hari pertama setelah pengumuman, kita disuruh mandi semua dan kembali lagi untuk berbagai kegiatan. Di sela-sela waktu itu, aku mengunjungi kamar teman-temanku sekalian lihat-lihat sekitar dan ngobrol. Singkat cerita, aku mandi dan langsung menuju ke aula. Kita berkegiatan disana sekaligus ada berbagai acara dan penjelasan-penjelasan mulai dari apa itu retret sampai ke pendalamannya. Di sela-sela kegiatan pun ada waktu makan, snack time dan waktu istirahat. Saat ada waktu istirahat, aku selalu kembali ke kamar dan ngobrol sama teman-teman. Setelah waktu istirahat dan makan selesai, aku dan teman-temanku langsung kembali ke aula untuk melanjutkan kegiatan. Saat jam menunjukkan pukul 21.45, kami semua disuruh untuk kembali ke kamar untuk melaksanakan silensium dan tidur untuk beristirahat. Awalnya, aku, Edo, Axel rasanya ngeri sama lemari dan wastafel yang ada di depan kasur.. Karena malam itu silensium, jadinya suasanya hampa, suepi dan di kamar pun sangat gelap. Rasanya pun horror juga😅.

    Pada hari kedua, aku, Axel, Edo bangun jam 4.30 dan siap untuk mandi. Kita sekamar selalu rencana bangun pagi duluan untuk mandi karena kalau kesiangan pasti kamar mandinya bakal ruamai. Setelah mandi, kita nunggu bentar sekalian ngobrol-ngobrol. Nah, Axel itu masang jaket di kursi depan wastafel kamarku. Jadinya kayak ada orang beneran disana (ngueri). Lalu, kita semua disuruh ke lapangan untuk lari pagi. Rasanya pagi itu sejuk dan segar. Setelah lari pagi, kita disuruh untuk meditasi. Meditasinya kira-kira selama 15 menit untuk merenungkan hal-hal yang selama ini kita lakukan. Setelah itu, kita makan pagi dan bersiap-siap untuk berkegiatan di aula. Kita disuruh untuk membuat peta pikiran tentang papa, mama, saudara, guru dan teman (saya menurut dia dan dia menurut saya). Setelah itu, kita dipilihin kelompok untuk main game. Jadi, kita disuruh untuk naruh gelas dan bola diatas sebuah kain. Bolanya ndak boleh jatuh sementara kita membawanya keluar dari aula. Alhasilnya kelompokku kalah dan kita disiram tepung deh. Setelah itu, kita disuruh untuk beristirahat dan bersiap untuk outbound (games). Singkat cerita, kita main games mulai dari permainan arah, patung, kacang panjang sampai mata komando. Kalau kalah pun ada hukumannya yaitu dibedakin. Aku pun juga dibedakin beberapa kali karena kalah. Setelah games selesai, kita disuruh mandi dan bersiap lagi untuk berkegiatan di aula. Singkat cerita, aku pun berkegiatan di aula. Kegiatannya ada kita disuruh presentasi tentang kesan-kesan selama kegiatan games dan diary rohani. Lalu jam menunjukkan pukul 22.00 dan silensium pun dilaksanakan.

    Pada hari ketiga, aku, Edo, Axel ketiduran ndak bangun dan untungnya ada lonceng yang dibunyikan jam 5.15. Kita langsung bergegas menuju ke lapangan untuk lari pagi mengitari lingkungan rumah retret. Setelah itu, kita langsung mandi dan bersiap untuk makan pagi. Lalu, kita pun berkegiatan seperti biasa dan singkat cerita kita pun lanjut makan siang. Setelah itu, kita misa penutupan acara retret dan kita pun kembali ke sekolah.

0 komentar:

Posting Komentar