Latest courses

3-tag:Courses-65px

Kamis, 31 Agustus 2023

MISTERI BLACK HOLE

Black Hole

Keberadaan black hole adalah salah satu misteri terbesar yang ada di luar angkasa. Banyak orang mengatakan bahwa black hole bisa menyerap apapun yang ada di sekitarnya.


1. Pengertian Black Hole

Black hole adalah suatu tempat di luar angkasa yang memiliki gravitasi yang sangat kuat sehingga bisa menarik apapun yang ada di sekitarnya termasuk cahaya sekalipun. Gravitasi yang sangat kuat disebabkan karena materi yang terjepit ke dalam ruang kecil.

2. Bagaimana Black Hole terbentuk?

Para ilmuwan menyimpulkan apabila lubang hitam terbentuk ketika alam semesta tercipta. Terdapat beberapa teori bahwa black hole berasal dari kematian bintang. Saat bintang mati, akan terjadi ledakan supernova yaitu ledakan bintang yang sebagiannya ada di luar angkasa.

3. Fakta tentang Black Hole

Black hole terbagi menjadi 3 jenis yaitu supermassive black hole (seukuran sejuta kali matahari), stellar black hole (seukuran 20 kali matahari), dan primordial black hole (seukuran gunung). Black hole sendiri layaknya makhluk hidup yakni bisa lahir dan bisa mati. Black hole hanya akan berbahaya jika objek mendekat ke arahnya. Black hole tidak bisa dilihat ilmuwan secara langsung, tetapi hanya bisa dilihat bagaimana objek di sekitarnya bereaksi.

0 komentar:

Posting Komentar